Pamekasan Rancang Program Call Handtraktor dan Subsidi Pupuk Gratis

PAMEKASAN-Dalam rangka mengurangi biaya produksi petani, Bupati Pamekasan Badrut Tamam mengaku tengah merangcang program call hentraktor dan subsidi pupuk gratis. Itu dilakukan sebagai persembahan untuk mewujudkan pemerintahan yang membela rakyat dan menjadikan jabatan bupati sebaga alat pengabdian dan perjuangan.


Badrut Tamam mengungkapkan hal itu saat meberikan sambutan pada acara penyerahan sejumlah paket bantuan dari pemerintah Jawa Timur, Dipendoo Ronggosukowati Pamekasan, Senin (28/9/2020). Penyerahan bantuan itu diserahkan langsung oleh Gubenur Jatim Khafifah Indar Parawansa.


Badrut Tamam mengungkapkan selama ini hentraktor yang ada di masyarakat masih disewakan kepada petani. Sehingga jika membutuhkan petani masih harus membayar sewa. Kondisi itu harus dicarikan jalan keluar agar petani tidak perlu sewa, sehingga maksimal untuk mengarap lahan pertaniannya.


“Hampir beberapa alat hentraktor yang ada di petani saya tanya ternyata mereka masih bayar. Saya berfikir membuat dan merancang call hentraktor gratis untuk petani, baru kemudian setelah itu saya berfikir kemungkinan memberikan bantuan subsidi pupuk gratis, “ katanya.

Foto : Badrut Tamam serahkan bantuan didampingi Gubernur Khafifah Indarparawansa


Dalam kesempatan itu Kepada Gubernur Jatim Badrut Tamam juga melaporkan tentang penangnan Covid 19 di Pamekasan. Dia mengatakan untuk menangani Covid 19 Pemkab Pamekasan telah bekerja luar biasa. Beberapa langkah dilakukan diantarnya memilih strategi tidak hanya penindakan tetapi memberikan penghormatan dan penghargaan kepada masyarakat yang berdisiplin memakai masker dan menjaga jarak menjaga kesehatan.


Bupati juga tak lupa melaporkan lima prioritas pembanguann yang dijalankan di Pamekasan. Antara lain bidang pendidikan, ekonomi, kesehatan dan bidang infrastruktur. Dibidang pendidikan berupa pemberian beasiswa kepada santri, bagi parap enghfal Al quran dan santri yang berprestasi.


Lalu Bidang ekonimi ada program wira usaha baru (WUB) dan desa tematik. Pemkab melatih keterampilan usaha pada 2500 orang anak muda desa tiap tahun, dibantu alat produksi, dibantu modal usaha hingga pemasaran aneka produk yang duhasilkannya.


Bidang kesehatan Bupati melaporkan program Call Care. Diprogramini rumah warga ditempeli stiker, jika sakit mau konsultasi cukup pencet nomor tertentu. Dan jika butuh layanan mobil sudah disediakan mobil khusus di tiap desa.


“Tentang infrastruktur, yang paling banyak dibutuhkan masyarakat Pamekasan adalah banyaknya jalan yang rusak. Karena anggaran sangat terbatas untuk itu, Bupati berharap jika Pemprop Jatim banyak membatunya pembangunan infrasruktur itu,” harapnya.


Gubernur Khafifah Indarparawansa mengucapan terima kasih atas inovasi yang dilakukan Pamekasan. Gubernur meminta Pamekasan juga mengawal program pemberdayaan perempuan karena program ini memberikan efek terhadap pergerakan ekonomi ditingkat bawah.


Sejumlah paket bantuan yang diserahkan oleh Gubernur antara lain bantuan lansung dana desa, keuangan khsusu berbentuk modal usaha bagi kelompok perempuan, subsidi upah kepada perawat, Satpol PP, kuantity engineer dan teknisi honorer. Juga bantuan penerima manfaat BPJS ketenagakerjaan, bantuan kredit program dana bergulir paket kredit petani Jawa timur dan bantuan masker kepada pendamping desa. (Fal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *